Penemu Deret Matematika Pertama Kali Ditemukan Oleh Siswa SD ???
Carl Friedrich Gauss atau biasa disebut sebagai Prince Of Mathematic adalah
penemu pertama kali deret matematika. Menakjubkannya Prince Of Mathematic ini
menemukannya pada saat beliau masih duduk di bangku Sekolah Dasar dan luar
biasanya beliau menemukannya hanya dengan hitungan detik dandengan alasan sifat
malas yang dimilikinya.
Fantastic, please do to read more...
Beliau merupakan salah satu ilmuwan hebat dunia, dan juga diakui
sebagai ahli matematika terbesar sepanjang masa . Hal ini cukup beralasan,
sebab ia memang jenius sejak kecil. Pada saat Gauss berusia tiga tahun, ia
berhasil menemukan kesalahan yang dilakukan ayahnya waktu sang ayah melakukan
kalkulasi di bidang keuangan .
Gauss
melakukan hal yang menakjubkan, luar biasa, mantap dan spektakulerrr lagi saat
ia berada di sekolah dasar. Pada waktu itu guru matematikanya meminta
murid-murid menjumlahkan bilangan-bilangan dari 1 hingga 100. Ia melakukannya
dengan harapan ia bisa beristirahat cukup lama sebelum melanjutkan pelajaran
namun ternyata Gayuss berhasil menyelesaikan soal tersebut beberapa detik
setelahnya.
Gauss
menyelesaikannya dengan cara yang unik : ia mengelompokkan bilangan dari 1
hingga 100 menjadi 1 dan 100, 2 dan 99, 3 dan 98, dan seterusnya hingga 50 dan
51. Jumlah setiap pasang bilangan adalah 101 dan ada 50 pasang bilangan,
sehingga jumlah total bilangan adalah 50 x 101= 5050.
Ilustrasi
:
1
+100 = 101
2
+ 99 = 101
3
+ 98 = 101
4
+ 97 = 101
5
+ 96 = 101
6
+ 95 = 101
7
+ 94 = 101
8
+ 93 = 101
9
+ 92 = 101
10
+ 91 =101
.
.
.
99 + 2 = 101
100 + 1 = 101
Jika ditotal akan menghasilkan 50 pasangan.
Maka,
50 x 101 = 5050
Inilah rumus awal mula
ditemukannya rumus deret aritmatika.Sungguh mempesona bukan?
Maka dari itu untuk adik-adik
peserta didik yang mempunyaicara kreatif dalam menyelesaikan maslah matematika
tidakperlu minder jangan terpaku dengan rumus dan ketemtuan penyelesaian soal
yang tertera dibuku. Ciptakanlah rumus yang dapat mempermudah kalian.
Para pendidik, let’s to open your
mind. Jangan membatasi peserta didik justru paculah peserta didik untuk dapat
berfikir kreatif dalam menyelesaikan masalah matematika.
"further, the dignity
of the science itself seems to require that every possible means be explored
for the solution of a problem so elegant and so celebrate"
-Carl Friedrich Gauss-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar