PUZZLE MATH NINE
Apakah anda sebelumnya pernah mendengar atau bahkan mendalami tentang pembuatan alat peraga yang dapat digunakan untuk mempermudah penguasaan materi untuk suatu mata pelajaran. Alat peraga sangat terdengar familiar di telinga para guru karena saat ini hampir semua mata pelajaran menggunakan alat peraga seperti fisika, kimia, biologi, olahraga, geografi, dan matematika. Disini khusunya saya akan membahas tentang alat peraga pada pelajaran matematika.
Matematika adaalah suatu mata pelajaran yang terkenal sulit bagi para pelajar, sikap anti terhadap mata pelajaran matematika ini akan berdampak serius bila dengan perlahan dibiarkan meluas. Tahu kenapa? Karena semua aspek kehidupan sedikit banyak memakai matematika. Contohnya dari hal yang paling sederhana jika tidak mengerti tentang materi operasi bilangan, anda tidak akan mudah dalam melakukan transaksi jual dan beli di warung dan di pasar.
Berdasarkan contoh diatas sudah menunjukkan bahwa matematika sangat berguna di dalam kehidupan manusia. Jadi mulailah sejak dini untuk memperkenalkan matematika dengan mudah kepada murid-murid, tak ada salahnya bukan ?
Cara untuk memperkenalkan matematika sebagai mata pelajaran yang mudah tidaklah sulit terutama pada siswa Sekolah Dasar (SD) yang masih mempunyai menyukai tipe permainan. Buatlah suasana kelas menyenangkan dan kondusif supaya lebih menarik buatlah alat peraga yang terkesan simple, mudah dalam penggunaannya, menarik, dan tidak menggunakan bahan-bahan yang membahayakan untuk murid serta mudah didapat dan dengan harga terjangkau.
Dalam mempelajari materi operasi bilangan murid sering merasa kesulitan jika telah bertemu bilangan yang rumit, contoh : 5 + (-8). Guru sudah mulai kreatif untuk mensiasati permasalahan tersebut, beberapa guru menggunakan tipe menghutang (sebenarnya cara ini kurang baik karena mengajarkan anak berfikir kritis untuk menghutang) tapi cara kreatif tersebut cukup efektif membuat anak mengerti akan pesan yang disampaikan.
Dari permasalahan-permaslahan tersebut munculah ide saya untuk membuat alat peraga yaitu PUZZLE MATH NINE yang berfungsi supaya murid dapat lebih menguasai materi operasi bilangan.
Buatlah rangkaian angka tersebut dengan pola seperti digambar ini atau anda dapat lebih membuatnya menjadi lebih kreatif. Gambar yang ada dibawah ini akan menghasilkan angka 9 disetiap operasi bilangan.
Anda dapat menyederhanakan alat peraga ini dengan bahan kertas yang anda buat pola dengan menarik dan lengkapi dengan angka dan gambar latar untuk menyatukan puzzle tersebut. Selebihnya saya serahkan kepada anda.
Untuk lebih jelasnya dalam pembuatan alat peraga diatas dapat membuka blog saya dengan judul Makalah Alat Peraga SD PUZZLE MATH NINE
Cara Kerja :
1. Acak puzzle math nine dengan sisi operasi penjumlahan.
2. Buatlah siswa dalam beberapa kelompok, 1 kelompok terdiri dari 2-3 orang. Atau dapat dimainkan secara individual sebagai penilaian pribadi.
3. Lalu perintahakan siswa untuk menyusun puzzle dengan syarat angka yang lebih besar dioperasikan dengan angka yang lebih kecil dan setiap operasi hitung hasil sama jika perkalian dengan perkalian.
4. Jika siswa telah selesai menyusunnya.
5. Balik puzzle math nine satu persatu untuk mengecek hasilnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar